Detail Berita Utama

FKIP UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA SELENGGARAKAN SEMINAR HASIL PDS 2019

FKIP UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA SELENGGARAKAN SEMINAR HASIL PDS 2019

Kegiatan seminar hasil Penugasan Dosen di Sekolah Universitas PGRI Yogyakarta ini dilaksanakan pada hari Senin Tanggal 28 Oktober 2019 bertempat di ruang Sidang Fakultas. Kegiatan seminar hasil ini merupakan akhir dari seluruh rangkaian kegiatan PDS UPY tahun 2019. Pada tahun 2019 ini UPY di percaya oleh Direktorat Pembelajaran dan Mahasiswa (Belmawa) Kemenristekdikti untuk menyelenggaran PDS dengan Skema B yaitu pelaksanaan PDS di Sekolah Mitra dan Pelaksanaan PDS dalam perkuliahan. Dosen yang terlibat dalam PDS disekolah yaitu Deri Anggraini, M.Pd pelaksana PDS di SD Muhammadiyah Ambarbinangun Bantul, Rina Dyah Rahmawati, M.Pd Pelaksana PDS di SD Tamansari 2 Yogyakarta, Sisca Candraningsih, M.Sc Pelaksana PDS di SMP N 10 Yogyakarta, Darsono, M.Pd pelaksana PDS di SMA N 7 Yogyakarta dan Tri Wahana, M.Pd pelaksana PDS di SMK N 1 Kasihan Bantul. Sedangkan untuk dosen pelaksana PDS dalam perkuliahan yaitu Dr. Sunarti, M.Pd dan Dr. Setyo Eko Atmojo, M.Pd pelaksana PDS di prodi PGSD, Dra. Nur Wahyumiani, M.A dan Dra. Suharni, M.Pd pelaksana PDS di Prodi Bimbingan Konseling, Dra. M.M Endang Susetyowati, M.Pd dan Dra. Kristina Warniasih, M.Pd pelaksana PDS di Prodi Pendidikan Matematika. Kesebelas dosen pelakasan PDS tersebut telah melaksanakan kegiatan PDS ini dari bulan Juli hingga Oktober 2019 dan menghasilakan luaran PDS yang diseminarakan pada kegaiatan seminar hasil PDS ini.

Kegiatan seminar hasil PDS ini dihadiri oleh pejabat Rektorat UPY, Dekanat FKIP, kaprodi dilingkungan FKIP UPY, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah Mitra, Guru Mitra PDS dan seluruh dosen pelaksana PDS UPY. Dalam sambutan pembuakaan seminar hasil PDS ini Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kelembagaan bapak Ahmad Riyadi, S.Si, M.Kom menyampaikan pentingnya program PDS ini bagi dosen khususnya dosen FKIP dimana melalui PDS ini dosen akan memperoleh pengalaman riil tentang permasalahan dan kondisi pembelajaran di sekolah sehingga mampu untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui inovasi dan pembaharuan secara nyata dan dapat langsung dirasakan dampaknya. Dalam seminar hasil PDS 2019 ini diperoleh 5 perangkat pembelajaran inovatif yang disusun berkolaborasi antara dosen dengan guru mitra untuk jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan, selaian itu dihasilkan pula 6 perangkat perkuliahan inovatif yang dihasilkan oleh dosen pelaksana PDS dalam perkuliahan yang mengimplementasikan hasil PDS di Sekolah Tahun 2018. Selain perangkat pembelajaran dalam seminar hasil ini masing masing dosen pelaksana PDS baik di sekolah maupauan dalam perkuliahan mempresentasikan artikel hasil PDS yang telah ditulis, sehingga melalui kegiatan PDS ini dihasilkan 11 artikel yang siap untuk di submit dalam jurnal dan seminar baik nasional maupun internasional.

Kegiatan PDS ini sangat disambut positif oleh para guru mitra, kepala sekolah mitra dan dinas pendidikan. Bahkan karena berbagai inovasi yang dilakukan oleh dosen UPY disekolah baik yang bebasis IT maupun media kongkrit di Sekolah Dasar beberapa sekolah meminta untuk diberikan pelatihan pengembangan media pembelajaran kepada guru gurunya. Para kepala sekolah baik sekolah dasar maupun menengah umumnya berharap agar program PDS ini tetap dilanjutkan dan dapat diperluas untuk jumlah dosen maupun jumlah sekolah yang terlibat, hal tersebut dikarenakan pelaksanaan PDS ini mampu memberikan nuansa yang berbeda dalam pembelajaran dikelas bagi guru dan siswa. Selaian itu berdsarkan presentasi dari masing masing dosen pelaksana diketahui bahwa program PDS ini mampu memberikan peningkatan kualitas pembelajaran di dalam kelas, sehingga keberlanjutan program ini sangat dinantikan dan diharapakan baik oleh sekolah maupun dosen untuk meningkatkan kapasitasnya dalam mengelola pembelajaran di kelas.

baca juga: http://upy.ac.id/berita/ukm-seni-upy-dan-syini-kopi-gelar-likur-an