Detail Berita Utama

Meningkatkan Daya Saing lulusan lewat kegiatan 3rd UPY NUDC Dan 1st UPY KDMI

Meningkatkan Daya Saing lulusan lewat kegiatan 3rd UPY NUDC Dan 1st UPY KDMI

3rd UPY National University Debating Championship (NUDC) & 1st UPY Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI)

Dalam rangka peningkatan daya saing lulusan di era global, Universitas PGRI Yogyakarta mengadakan kegiatan 3rd UPY National University Debating Championship (NUDC) dan 1st UPY Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) dengan tema Revolusi Industri 4.0. Ini menjadi bagian penting dari kompetisi di era global. Mengingat lomba debat ini menuntut wawasan yang luas, kemampuan berbahasa inggris yang baik dan kemampuan berargumentasi. Kemampuan bahasa inggris yang baik akan meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa dalam berinteraksi dengan masyarakat Internasional. Sedangkan kemahiran dalam berargumentasi akan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk membuat keputusan berdasarkan analisis yang logis dan faktual.

NUDC dan KDMI antar mahasiswa UPY ini diadakan di Auditorium Universitas PGRI Yogyakarta pada tanggal 19 maret 2019. Acara debat tersebut diikuti 26 peserta terbagi menjadi 10 tim. Dari peserta tesebut mewakili prodi masing-masing dimana setiap prodi mengirimkan 2 tim NUDC dan 2 tim KDMI yang setiap 1 tim terdiri dari 2 mahasiswa.

Berdasarkan hasil dan penilaian dari Juri untuk pelaksanaan kegiatan debat mahasiswa kemarin, untuk hasil 3rd UPY NUDC juara 1 diraih oleh Prodi Pendidikan Matematika, juara 2 di raih oleh Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, lalu juara 3 diraih oleh Prodi Teknik Informatika dan untuk harapan 1 diraih oleh Prodi Akuntansi. Sedangkan untuk 1st UPY KDMI, juara 1 diraih oleh Prodi Akuntansi, juara 2 diraih oleh Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, lalu juara 3 diraih oleh Prodi Bimbingan Dan Konseling, sementara harapan 1 diraih oleh Prodi Manajemen.

Selanjutnya bagi pemenang dalam debat tersebut masing-masing akan menjadi perwakilan Universitas PGRI Yogyakarta yang kemudian akan diperlombakan pada tingkat Wilayah Yogyakarta. Dalam perlombaan NUDC tingkat wilayah Yogyakarta perwakilan dari UPY adalah dari Prodi Teknik Informatika dan Prodi Matematika yang masing-masing dipilih per-individu. Sementara perwakilan untuk KDMI adalah dari Prodi Akuntansi.

baca juga: http://upy.ac.id/berita/pelatihan-emotional-spiritual-quotient-esq-menuju-mahasiswa-apik-dan-unggul