Detail Berita Utama

Meningkatkan Peluang Karir Profesional Melalui Pelatihan Sertifikasi Action Program Microsoft Office

Meningkatkan Peluang Karir Profesional Melalui Pelatihan Sertifikasi Action Program Microsoft Office

Dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang komputer, terutama untuk program Microsoft Word, Microsoft Exel, dan Microsoft Power Point, Universitas PGRI Yogyakarta bekerjasama dengan Trust Action Program yang merupakan salah satu Partner Resmi dari Microsoft dalam melaksanakan sertifikasi Action Program bagi mahasiswa yang dilaksanakan oleh microsoft partner dari TRUST Surabaya. Disamping itu sertifikasi ini pun telah mendapat pengakuan Internasional.

UPY berupaya membantu mengembangkan kemampuan mahasiswa secara potensial agar dapat memiliki keahlian spesifik sesuai tuntutan dunia kerja, khususnya dibidang microsoft office. Action program memberikan nilai tambah bagi mahasiswa antara lain untuk mendapatkan pengakuan internasional untuk kompetensi atau skill dalam penggunaan microsoft office, meningkatkan peluang karir profesional, meningkatkan kredibilitas seorang profesional dimata pemberi kerja, dan memberi wawasan baru yang mungkin tidak pernah diperoleh selama menempuh pendidikan formal, atau dalam pekerjaan sehari-hari. Dengan mengikuti kegiatan Action Program, seluruh mahasiswa yang dinyatakan lulus akan medapat sertifikat penguasaan microsoft office yang berlaku secara internasional sebab sertifikat tersebut dikeluarkan oleh Microsoft Learning Partner sehingga dapat diakui di seluruh dunia.

Adapun untuk pelaksanaan kegiatan sertifikasi Action Program dilaksanakan 4 kali dalam satu tahun, yaitu sekitar bulan Maret, Mei, Agustus, dan November. Sedangkan periode pendaftaran dibuka satu bulan sebelum pelaksanaan ujian. namun tidak menutup kemungkinan jika ada perubahan atau pergeseran waktu pelaksanaan tergantung dari pihak pelaksana. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut setiap mahasiswa wajib mengikuti kegiatanya karena merupakan salah satu syarat untuk kelulusan. Adapun kuota peserta untuk kegiatan Action Program adalah 300 orang setiap pelaksanaan.

Sebelum hari pelaksanaan ujian, peserta akan mendapatkan training dan pengarahan sesuai jadwal dan kelompok yang telah ditentukan. Kemudian dalam pelaksanaan ujian bagi peserta yang lulus sertifikasi Action Program dengan memenuhi passing grade yang telah ditentukan TRUST akan mendapatkan sertifikat dari Microsoft Learning Partner dan sertifikasi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) jika dinyatatakan kompeten oleh asesor. Sementara bagi peserta yang belum dinyatakan lulus akan mendapat kesempatan sekali lagi untuk pelaksanaan Re-Exam atau ujian ulang.