Detail Berita Utama

Simposium Nasional Dan Semarak Mahasiswa PBSI Se-Indonesia

Simposium Nasional Dan Semarak Mahasiswa PBSI Se-Indonesia

Surakarta, 30 Oktober hingga 03 November 2019 merupakan hari-hari yang berkesan dan bersejarah bagi seluruh mahasiswa PBSI Se-Indonesia karena diadakannya kembali acara Simposium Nasional dan Semarak IMABSII 2019. Acara yang berlangsung selama 5 hari tersebut dilaksanakan di kampus IAIN Surakarta sebagai tuan rumah dan diikuti seluruh delegasi Himpunan Mahasiswa PBSI Se-Indonesia dengan rincian 34 Universitas serta 90 delegasi mahasiswa termasuk 3 mahasiswa dari HMP PBSI Universitas PGRI Yogyakarta. Kegiatan semarak IMABSII merupakan kegiatan rutin tiap 2 tahun sekali yang bertujuan untuk membina persatuan, kerukunan, dan kekaryaan mahasiswa bahasa dan sastra Indonesia se-Indonesia. Dalam kegiatan semarak IMABSII tahun ini mengusung tema “Revitalisasi Nilai Bahasa dan Sastra Indonesia di Era Society 5.0”.

Acara dimulai dengan pertemuan dan ramah tamah antar delegasi dan diselingi hiburan Hadroh serta Penampilan seni tari dari kampus IAIN Surakarta. Pada hari ke-2 seluruh peserta mengikuti seminar nasional dengan pembicara Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum (Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa) , Sosiawan Leak (Sastrawan asal Solo), Prof. Dr. Suwardi Endaswara, M.Hum (Ketua Himpunan Sarjana Kesustraan Indonesia) di Graha IAIN Surakarta dan dilanjut kegiatan Rembuk IMABSII serta Diskusi Sastra di penginapan. Keesokan harinya kegiatan diisi dengan Orasi Cinta Bahasa dan Sastra Indonesia serta mengajar di SMP N 2 Karangpandan – Karanganyar. Dihari ke-3 peserta dikenalkan wisata budaya di daerah Solo, yaitu Keraton Surakarta, Monumen Pers, dan rumah Bung Harto presiden ke-2 RI.

HMP PBSI UPY pada acara tersebut merupakan pertama kalinya ikut serta dalam kegiatan tingkat nasional himpunan mahasiswa PBSI serta secara resmi bergabung di IMABSII pada tahun 2019 ini. HMP PBSI diwakili oleh Imam Wahyu Aji (Ketua HMP) , Veri Kurnia Sari (Wakil Ketua HMP), serta Danang Pranawa (Divisi Sosial Extern HMP) yang ditunjuk oleh pihak Dosen Prodi. “Kami berharap ini merupakan langkah awal HMP PBSI untuk dapat terus belajar dan memperluas ranah serta relasi guna meningkatkan SDM serta kualitas organisasi sesuai visi-misi di tahun ini”, tutur Imam Ketua HMP PBSI periode 2019-2020. Kegiatan diakhiri dengan Pertunjukan Kreativitas Seni tiap Himpunan dan Malam Anugrah 15 Tahun IMABSII.

baca juga: http://upy.ac.id/berita/fkip-universitas-pgri-yogyakarta-selenggarakan-seminar-hasil-pds-2019