Detail Berita Utama

Wisuda UPY, Kesuksesan Berbanding Lurus dengan Usaha

Wisuda UPY, Kesuksesan Berbanding Lurus dengan Usaha

Sabtu 29 September 2018, Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) melaksanakan upacara Wisuda Sarjana dan Pascasarjana periode I Tahun Ajaran 2018/2019 di kampus setempat. Kegiatan wisuda UPY ini diikuti oleh 6 orang lulusan program Magister Pendidikan (S2) dan 416 orang lulusan program strata satu (S1).

Rektor UPY, Dr Ir Paiman MP mengungkapkan kebanggaannya sekaligus mengucapkan selamat kepada para wisudawan. "Kami pimpinan UPY turut bangga dan mengucapkan selamat kepada wisudawan/wisudawati, yang mulai saat ini secara resmi saudara telah berhasil menyelesaikan suatu proses pendidikan formal lengkap dengan segala bentuk evaluasi di dalamnya. Terima kasih tak lupa juga kami sampaikan kepada orang tua atau wali wisudawan/wisudawati yang telah mempercayakan pendidikannya di UPY. Dan pada hari ini, kami serahkan kembali wisudawan wisudawati kepada bapak/ibu orang tua atau keluarga," katanya ketika memberikan sambutan.

Menurut Rektor Paiman, wisuda mengandung makna melekatnya tanggungjawab dengan gelar akademik yang dicapai sebagai pengakuan bidang keilmuan. "Wisuda merupakan awal dimulainya meniti kehidupan yang sebenarnya. Wisuda bukan akhir pembelajaran, namun merupakan proses awal pembelajaran langsung terjun di masyarakat. Dunia terus berubah cepat, maka jangan terlena, terlewatkan belajar, terlewatkan perubahan, dan jangan kehilangan kesempatan," imbuhnya.

"Harapan dan doa kami, mudah-mudahan dengan bekal kesuksesan meraih gelar akademik ini akan menjadi modal yang sangat berharga untuk mencapai kesuksesan berikutnya dalam mengabdikan diri kepada masyarakat, bangsa dan negara," imbuhnya.

Rektor Paiman pun memberikan nasehat bahwa perlu diketahui tingkat kesuksesan itu berbanding lurus dengan seberapa besar usaha yang saudara lakukan. "Tidak ada kesuksesan yang gratis, tetapi memerlukan perjuangan dan pengorbanan. Kesuksesan yang saudara raih kelak akan merupakan kebanggaan keluarga maupun almamater," bebernya.

Untuk mengakselerasi proses belajar mengajar, sekaligus mengintegrasikan langkah strategis guna membawa nama baik almamater, Rektor Paiman berharap wisudawan/wisudawati dapat bergabung dengan Keluarga Alumni UPY (KAUPY)." Keaktifan saudara dibutuhkan untuk terus menjaga tersambungnya tali silahturami antaralumni maupun dengan almamater, serta dapat ikut bersama-sama berperan serta memberikan konstribusi untuk membesarkan UPY. Kami juga berharap kepada para wisudawan/wisudawati untuk mendukung program Tracer Study alumni UPY dengan mengisi data di laman: http://tracerstudy.upy.ac.id untuk mengetahui relevansi lulusan UPY dalam dunia kerja," paparnya.

Diinformasikan, wisudawan/wisudawati program S1 yang berhasil meraih prestasi tertinggi, yaitu Anggi Meyila Saraswati, SPd dari program studi Pendidikan Matematika dengan indeks prestasi 3,92. Lulusan yang tercepat adalah Deny Hadi Siswanto program studi Pendidikan Matematika, lama studi 3,9 tahun.

Untuk lulusan termuda adalah Dessy Widiawati, SPd dari program studi PGSD, yang lahir di Purworejo, 11 Desember 1997 usia 20 tahun. Lulusan yang tertua adalah Tabelta Yei Astuti, SPd program studi Bimbingan dan Konseling, lahir di Karangmojo, 29 November 1970 usia 47 tahun.

Sedangkan, wisudawan/wisudawati program S2 yang berhasil meraih prestasi tertinggi dan tercepat adalah Elisabeth Susi Setiarini, MPd dengan indeks prestasi 3,98. Lulusan yang termuda adalah Alfian Martoni, MPd lahir di Selong, 3 Maret 1986 usia 32 tahun. Lulusan yang tertua adalah Teguh Suwarto, MPd lahir di Klaten, 28 Oktober 1967 usia 50 tahun. (jat)

Sumber : https://www.bernas.id