Detail Berita Utama

Dengan "KOMABAR" diharapkan Membantu Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Siswa Dirumah

Dengan

Pada hari Senin, 23 Agustus 2021, tim PKM-PM UPY yang lolos pendanaan 2021 dengan judul Pengenalan Angka dengan Komik Angka Bergambar (KOMABAR) Pada Siswa Tunarungu di SLB B Karnnamanohara dengan Shinta Widyasari sebagai ketua tim dan dua orang anggota yaitu Kresnandika W dan Epi Indhi Saputri melakukan kegiatan pengabdian yang sudah direncanakan diawal kegiatan PKM dan didampingi oleh Bapak Kintoko, M.Pd. selaku dosen pendamping. Kegiatan pengabdian diawali dengan melakukan sosialisasi sekaligus penyuluhan terhadap wali murid tunarungu yang terdapat di SLB B Karnnamanohara. Sosialisasi atau penyuluhan sekaligus pengambilan media komik oleh wali murid SLB B Karnnamanohara yang terletak di Jl. Pandean II, Gang Wulung, Condongcatur, Depok, Sleman dengan memperhatikan protokol kesehatan diantaranya menggunakan masker yang sesuai ketentuan yang berlaku, mencuci tangan menggunakan sabun ketika atau sudah melakukan kegiatan, menjaga jarak minimal 1 meter, dan tidak berkerumun. Dikarenakan kegiatan sosialisasi ini sifatnya terbatas dan agar tidak mengundang kerumunan atau keramaian maka dalam pelaksanaan sosialisasi ini dilakukan dengan pembagian jadwal pengambilan oleh wali murid.

Sosialisasi atau penyuluhan ini dimaksudkan agar wali murid yang berperan penting dalam kegiatan belajar siswa dapat menggunakan dan memanfaatkan media komik ini sebagai sarana belajar siswa untuk mengenal angka. Buku komik ini didasari pendekatan dengan kehidupan sehari-hari dan berisikan gambar ilustrasi menarik jadi untuk pelaksanaanya diharapkan siswa menjadi lebih mudah dan menciptakan belajar yang menyenangkan. Selain pengambilan KOMABAR, wali murid juga mendapatkan beberapa alat tulis berupa pensil dan penghapus dikarenakan pada bagian komik terdapat tempat latihan untuk siswa mengenali angka.

(Foto Media Komik KOMABAR dan Buku Pedoman untuk Petunjuk Teknis serta Pedoman dalam Penggunaan Media KOMABAR)

Pada pelaksanaan kegiatan pengabdian ini kami dari tim PKM-PM KOMABAR dibantu oleh wali kelas dari taman 2 dan taman 3 yang ada di SLB B Karnnamanohara. Sasaran untuk kegiatan ini adalah 10 siswa yang terdiri dari 9 siswa taman 2 dan 1 siswa taman 3. Dengan bantuan wali kelas dan wali murid kegiatan pengabdian dilakukan selama 5 hari dengan kami melakukan pendampingan kepada wali murid dimana wali murid akan melakukan kegiatan belajar mengajar menggunakan dan memanfaatkan media ajar yang kami buat yaitu KOMABAR. Dengan bekal sosialisasi dan penyuluhan di hari Senin, tim PKM-PM melakukan monitoring, controlling, dan pendampingan terhadap wali murid dan siswa sasaran dalam pelaksanaannya. Setiap hari selalu adanya komunikasi terhadap wali murid dengan menanyakan kabar dan perkembangan dari siswa SLB B Karnnamanohara. Dalam kegiatan pendampingan, wali murid diminta melakukan dokumentasi selama proses belajar yang menggunakan media KOMABAR selama 5 hari. Wali murid pun dengan senang hati selalu berkomunikasi selama 5 hari dengan kami untuk memudahkan dalam proses pendampingan, controlling, dan monitoring.

(Foto Dokumentasi Kegiatan Belajar Oleh Wali Murid Menggunakan komik KOMABAR Selama Pendampingan dari Rumah)

Selama 5 hari yang dimulai dari hari Senin, 23 Agustus 2021 hingga Jumat, 27 Agustus 2021 wali murid melakukan kegiatan belajar menggunakan media komik KOMABAR untuk mengenalkan angka kepada siswa SLB B Karnnamanohara. Dengan adanya komunikasi sekaligus pendampingan kami dari tim PKM-PM dan pihak wali dapat mengetahui evaluasi untuk penggunaan media yang sudah kami buat dan juga proses perkembangan dari siswa SLB B Karnnamanohara.

baca juga: https://www.upy.ac.id/berita/islamic-busy-book-lolos-pendanaan-pkm-dikti-2021