Detail Makarya

HMP P.Sejarah Adakan Dialog Kesejarahan (Peringatan Satu Dasawarsa Undang-Undang Keistimewaan DIY)

HMP P.Sejarah Adakan Dialog Kesejarahan (Peringatan Satu Dasawarsa Undang-Undang Keistimewaan DIY)

Untuk memperingati Hari Peringatan Satu Dasawarsa Undang-Undang Keistemawaan DIY tahun 2022, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah (HMP P Sejarah) Universitas PGRI Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Dialog Kesejarahan dalam rangka satu Dasawarsa Undang-Undang Keistimewaan DIY selama satu hari.

Selasa ( 18/10/2022 ) digelar kegiatan Dialog Kesejarahan Peringatan Satu Dasawarsa Undang-Undang Keistimewaan DIY. Dalam kegiatan Dialog Kesejarahan ini mengusung tema Paradigma Among Tani Dagang Layar Sebagai Jati Diri Keistimewaan DIY. Acara ini dibuka oleh Bapak Dr. Ir. Paiman, M.Pd selaku rektor Universitas PGRI Yogyakarta yang menyampaikan kata sambutan dalam kegiatan tersebut. Dalam kegiatan ini, narasumber yang terdiri dari Bapak Triwahana, M.Pd selaku dosen Pendidikan Sejarah Universitas PGRI Yogyakarta, Bapak Djo selaku Komunitas Sejarah Banyu Mangsi, dan yang terakhir ada Bapak Dr. Sri Margana, M. Hum selaku Guru Besar Ilmu Sejarah Gadjah Mada. Jalan nya kegiatan Dialog Kesejarahan ini dipandu oleh saudara Faya Hirgi Karisma selaku mahasiswa Pendidikan Sejarah 2021.

Dalam diskusi tersebut, disimpulkan bahwa Pranata Mangsa digunakan untuk menentukan masa tanam, masa panen, dan untuk mendapatkan perikanan yang melimpah dan UU Keistimewaan DIY juga berkaitan dengan tiga hal tersebut yaitu untuk mensejahterakan masyarakat. Ada tiga pilar menuju masyarakat yang sejahtera yakni Keraton, Kampus, dan Kampung.

Setelah kegiatan Dialog Kesejarahan berlangsung, kegiatan ditutup dengan doa bersama yang di pandu oleh MC Nurul Ismi Lestari, mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah 2019. Terakhir, kegiatan Dialog Kesejarahn 2022 bersambung dengan kegiatan dan makan bersama para panitia dan pengurus Kegiatan Dialog Kesejarahan 2022.

baca juga: https://www.upy.ac.id/berita/pentingnya-peran-mahasiswa-dalam-pemberantasan-korupsi

baca juga: https://www.upy.ac.id/berita/seminar-nasional-call-for-papers-prodi-bk-2022