Detail Berita Utama

“ISLAMIC BUSY BOOK” LOLOS PENDANAAN PKM DIKTI 2021

“ISLAMIC BUSY BOOK” LOLOS PENDANAAN PKM DIKTI 2021

Tim PKM UPY “Islamic Busy Book” beranggotakan Erdin Vernanda Sutrisna, Fatmawati, Siti Zulaikhah, Muhamad Devi Setya Ramadan, dan Kumala Indah Sayekti dengan dosen pembimbing Bapak Kintoko, M.Pd. PKM yang diikuti adalah PKM Bidang Pengabdian Masyarakat atau bisa disebut PKM PM. PKM PM “Islamic Busy Book” sebagai media peningkatan kualitas Pendidikan Agama Islam di PAUD Masjid Az-Zahrotun Bantul. PAUD Masjid Az-Zahrotun sendiri adalah Pendidikan anak usia dini atas naungan Yayasan Masjid Az-Zahrotun. Pendidikan agama termasuk aspek perkembangan anak yang perlu stimulus secara optimal agar menjadi bekal dalam kehidupan yang berakhlak mulia dan menjadi solusi dari permasalahan kerusakan moral anak, tidak kecuali siswa PAUD. Materi menghafal pada siswa PAUD yaitu : huruf hijaiyah, doa sehari-hari, tata cara wudhu & sholat, dll.

Busy Book adalah buku yang memuat berbagai kegiatan yang bertujuan agar meningkatkan kreativitas dan kemampuan membaca pada siswa PAUD. Tujuan pembuatan Islamic Busy Book agar memudahkan guru dan siswa PAUD masjid Az-Zahrotun untuk meningkatkan kualitas Pendidikan agama islam, sebagai media pembelajaran yang edukatif serta menarik bagi siswa PAUD Masjid Az-Zahrotun. Hasil pembuatan Islamic Busy Book seperti gambar berikut ini :

Dalam satu paket Islamic Busy Book terdiri dari 3 materi, materi yang dituangkah adalah doa sehari-hari, huruf hijaiyah, & sholat 5 waktu. Kegiatan dalam materi doa sehari-hari meliputi : membaca doa, memakaikan pakaian, dll. Kegiatan dalam materi huruf hijaiyah meliputi : menemukan, menggeser, menebalkan huruf hijaiyah dll. Sedangkan dalam materi sholat 5 waktu meliputi : menyanyi, menutar jarum jam, menata shof dll.

            Program peningkatan kualitas pendidikan agama islam melalui media Islamic Busy Book dilakukan dalam jangka waktu 2,5 bulan. Program ini dilakukan secara offline & online. Dilakukan secara offline ketika siswa atau orang tua datang ke PAUD untuk mengambil tugas. Sedangkan dilakukan secara online melalui aplikasi zoom. Program ini meliputi pengenalan serta penggunaan media Islamic Busy Book bagi siswa PAUD Masjid Az-Zahrotun Bantul dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama islam.

baca juga: https://www.upy.ac.id/berita/dosen-upy-enik-nurkholidah-raih-gelar-doktor-menambah-deretan-dosen-bergelar-doktor-di-upy