Detail Makarya

KEGIATAN PODCAST KE – 2 ( Medan Dalam Perjuangan Bangsa Indonesia)

KEGIATAN PODCAST KE – 2 ( Medan Dalam Perjuangan Bangsa Indonesia)

Bersamaan dengan ini, HMP Pendidikan Sejarah UPY mempersembahkan Podcast untuk yang kedua kalinya dan mungkin akan berlanjut ke podcast – podcast selanjutnya dengan mengusung tema “Medan dalam Perjuangan Bangsa Indonesia”. Rangkaian acara berlangsung pada hari Rabu, 22 Desember 2021 yang dimulai dari pukul 13.00 – selesai yang bertempat di Ruang Sunsed Gedung D lantai 5 serta disiarkan melalui live streaming Youtube upyTV dan live Instagram di @hmps_upy.

Dengan mengundang bung Taslim Batubara, S. H yang merupakan lulusan dari UNISU Medan sebagai  narasumber yang di moderator oleh mahasiswa Pendidikan sejarah semester 3 yaitu Hernanda. Kegiatan dilanjut dengan bincang – bincang bersama narasumber yang membahas mengenai sejarah kota medan sampai menjadi provinsi sumatera utara, bagaimana pertempuran medan area itu terjadi serta Medan di masa sekarang itu seperti apa. Di lanjut lagi dengan tanya jawab oleh rekan rekan sejarah yang menyaksikan podcast.

Jadi dari podcast mengenai Medan dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia  dapat disimpulkan bahwasannya daeeah sumatera timur ini terbentuk karena tidak adanya kepuasan terhadap pemerintahan pusat di sumatera pada saat itu. Dan juga ketika kesultanantan Sia yakni Syarif Kasim I ingin mengajak 4 Raja Melayu lainnya untuk mengajak bergabung dengan republik namun masih bimbang untuk bergabung dengan republik atau dalam kata lain mendapatkan tantangan yang sangat besar sehingga terjadilah revolusi sosial yang terjadi pada tanggal 3 Maret 1946. Perlu kita ketahui juga bahwasannya sultan Syarif Kasim II ini di angkat menjadi pahlawan nasional karena sumbangsih dana yang ia berikan kepada soekarno agar Indonesia bisa merdeka.

baca juga:https://www.upy.ac.id/berita/program-studi-bimbingan-dan-konseling-universitas-pgri-yogyakarta-melakukan-moa-dengan-program-studi-bimbingan-dan-konseling-universitas-muria-kudus

baca juga:https://www.upy.ac.id/berita/upy-taekwondo-team-kembali-raih-prestasi-di-kejuaraan-nasional-virtual-tae-kwon-do-uti-pro-cup-2021