Detail Berita Utama

Kemilau Mahasastra HMP PBSI UPY

Kemilau Mahasastra HMP PBSI UPY

Dalam rangka memperingati Hari Puisi pada Bulan Maret dan Hari Kartini pada Bulan April, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Yogyakarta mengadakan serangkaian kegiatan yakni Gemasi ke-1 (Gemilang Eksistensi Mahasiswa PBSI ke-1), Lomba Musikalisasi Puisi dan Bedah Puisi sekaligus Acara Puncak. Kegiatan ini diawali dengan (Gemilang Eksistensi Mahasiswa PBSI ke-1) yang wajib diikuti oleh semua pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Yogyakarta dengan menampilkan sebuah karya “Pembacaan Puisi” oleh setiap divisinya.

Hasil karya dapat dilihat melalui link https://youtube.com/channel/UCHw8NKs91kviIENe6BiW3aA

Kegiatan yang ke-2 yaitu perlombaan Musikalisasi Puisi. Lomba ini diperuntukkan oleh siswa SMA/MA/SMK sederajat Se-Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada perlombaan ini memperebutkan Piala Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta dan Bupati Bantul. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Yogyakarta di setiap tahunnya. Biasanya perlombaan ini diadakan secara langsung, dikarenakan situasi pandemi Covid 19 mengharuskan kegiatan ini secara virtual. Tiada halangan untuk berhenti berkarya. Pada tahun ini Juara I dimenangkan SMA N 1 Bambanglipuro, Juara II dimenangkan oleh MAN 2 BANTUL, Juara III dimenangkan oleh MAN 3 BANTUL, dan Juara favorit diperoleh SMA N 1 Bambanglipuro. Karya pemenang Juara I dapat dilihat melalui Akun Youtube HMP PBSI UPY.

Serangkaian kegiatan ini ditutup dengan acara Bedah Puisi dan Acara Puncak. Pada kegiatan Bedah Puisi ini dilaksanakan secara virtual, dengan pembicara bapak Shohifur Riho’i sastrawan. Kegitan Bedah Puisi ini diikuti oleh mahasiwa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Yogyakarta, khususnya angkatan 2019 dan 2020 supaya lebih mengenal secara dalam tentang puisi.

Dilaksanakannya acara puncak pada tanggal 21 April 2021 yang bertepatan dengan memperingati Hari Kartini. Acara ini dihadiri oleh Pembina Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HMP PBSI) Universitas PGRI Yogyakarta yaitu ibu Nina Widyaningsih, M.Hum., juga dihadiri oleh Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan yaitu bapak M.Fairuzzabadi, M.Kom., selain itu juga terdapat sambutan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta dan Bupati Bantul yang dibacakan oleh saudara Sigit Priyanto dan Nurul Aisyiari.

Setelah adanya kegiatan ini diharapkan para generasi penerus bangsa dapat menyalurkan bakatnya di bidang yang sesuai dan semakin aktif serta kreatif untuk menciptakan sebuah karya baru. Diadakannya bedah puisi dapat menambah pengetahuan dan pemahaman peserta tentang puisi yang dibedah “Puisi Lagu Tanah Air Karya”. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan memotivasi bagi seluruh peserta untuk terus berkarya dan berkembang serta memberikan pengetahuan lebih.

baca juga: https://www.upy.ac.id/berita/konser-amal-bem-km-upy-untuk-korban-banjir