Detail Berita Utama

Kunjungan Ke Museum Lab Sejarah UPY – Museum Menjadi Magnet Tersendiri

Kunjungan Ke Museum Lab Sejarah UPY – Museum Menjadi Magnet Tersendiri

Museum Lab. Sejarah UPY mendapat kunjungan dari SMA N 1 KRETEK pada 24 November 2022. Sejumlah 140 siswa mengikuti rangkaian acara yang di adakan oleh tim PMB. Didampingi oleh Dr. M. Iqbal Birsyada, M.Pd selaku Kaprodi Pendidikan Sejarah UPY serta Tim Museum Lab. Sejarah UPY, para siswa nampak antusias dengan kunjungan tersebut.

Museum Lab. Sejarah UPY lahir pada tanggal 29 Oktober 1985 merupakan buah inisiasi dari seorang tokoh yaitu Bapak Alm. Doddy Suyono. Awalnya museum Lab. Sejarah PGRI merupakan ruangan laboratoris mahasiswa yang menghasilkan karya-karya sejarah yang spektakuler. Dari karya-karya yang spektakuler tersebut maka ada inisiasi untuk menjadikan sebagai museum. Isinya adalah maket-maket. Namun, maket yang ada bukanlah maket biasa. Maket-maket tersebut merupakan maket lokasi pada zaman dahulu seperti maket daerah Pleret, maket daerah Kota Gede, maket Keraton juga ada. Di Museum Lab. Sejarah UPY juga terdapat prasasti buatan berupa batu yang berbentuk kerang. Menurut cerita, kerang adalah lambang kehidupan, seperti sejarah. Masa lalu adalah sejarah, dan masa kini pada akhirnya akan menjadi sejarah. Sejarah akan terus ada dan bersifat dinamis.

Semua siswa tampak serius mendengarkan penjelasan edukator Museum Lab. Sejarah UPY. Museum telah menjadi magnet tersendiri, mendapat tempat dihati anak didik dan masyarakat.

baca juga: https://www.upy.ac.id/berita/visiting-lecturer-pasca-sarjana-pips-dan-dikdas-universitas-pgri-yogyakarta-bersama-dr-aung-than-oo-dari-intaposl-buddhist-education-center-myanmar

baca juga: https://www.upy.ac.id/berita/makarya