Detail Berita Utama

Universitas PGRI Yogyakarta siap mendukung percepatan pembangununan di Kabupaten Gunungkidul

Universitas PGRI Yogyakarta siap mendukung percepatan pembangununan di Kabupaten Gunungkidul

Menindaklanjuti kunjungan Audiensi jajaran Yayasan Pembina dan Rektor Universitas PGRI Yogyakarta yang dilakukan pada minggu lalu Senin, 5 April 2021 di Ruangan Dinas Bupati Gunungkidul. Pada hari ini Rabu, 14 April 2021 Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta berserta Sekretaris Daerah dan jajaran OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kabupaten Gunungkidul melakukan kunjungan dinas ke kampus Universitas PGRI Yogyakarta di Jln. PGRI I Sonosewu No. 117 untuk penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dan Universitas PGRI Yogyakarta.

Dalam kesempatan kunjungan dinas Bupati Gunungkidul tersebut, Rektor Universitas PGRI Yogyakarta Dr. Ir. Paiman, MP menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya H. Sunaryanta dan Heri Susanto. S.Kom, M.Si sebagai Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul periode 2021-2024. Seluruh keluarga besar UPY sangat mengapresiasi dan bangga dengan kunjungan langsung Bapak Bupati di kampus Universitas PGRI Yogyakarta, Rektor UPY menyampaikan tawaran untuk ikut serta dalam program percepatan pembangunan kabupaten Gunungkidul yang di programkan oleh Bupati khususnya yang terkait dengan Tridharma Perguruan Tinggi, beberapa program yang diusulkan diantarananya pembentukan desa binaan Universitas PGRI Yogyakarta bagi desa-desa tertinggal di Gunungkidul serta pembukaan kelas kerjasama untuk peningkatan SDM Pegawai Pemerintah Kabupaten Gunungkidul.

Rektor dalam kegiatan tersebut juga memaparkan perkembangan Universitas PGRI Yogyakarta dimana UPY sudah berdiri sejak tahun 1962 yang sebelumnya bernama IKIP PGRI Yogyakarta, kemudian berubah menjadi Universitas ditahun 1997. Selama perjalanan waktu, Universitas PGRI Yogyakarta telah mengalami peningkatan yang signifikan, bahkan saat ini UPY sudah masuk kedalam peringkat 6 nasional perguruan tinggi PGRI Se-Indonesia dan telah memperoleh akreditasi institusi kategori B dari badan akreditasi nasional. UPY saat ini memiliki 22 Program Studi yang terdiri dari; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ada 10 prodi, Fakultas Sains dan Teknologi terdiri dari 7 prodi, Fakultas Pertanian ada 2 prodi, Fakultas Bisnis ada 2 prodi, serta Pasca Sarjana 1 prodi.

Guna meningkatkan daya saing selama tahun 2018 sampai dengan tahun 2020 UPY sudah berhasil memperoleh ijin pembukaan 10 prodi baru, diantaranya Prodi PG-PAUD, Prodi PLB, Prodi Teknik Industri, Prodi Farmasi, Prodi Gizi, Prodi Biomedis, Prodi Elektromedis, Prodi Arsitektur, Prodi THP serta Prodi Vokasional Otomotif, serta saat ini kami sedang mengajukan pembukaan prodi S2 Pendidikan Dasar, S1 Keolahragaan serta S1 Digital Bisnis, selain itu untuk jangka panjang kami juga tengah menyiapkan untuk dapat membuka Fakultas Kedokteran.

Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta beserta jajaran OPD Kabupaten Gunungkidul sangat mengapresiasi tawaran kerja sama yang disampaikan oleh Rektor UPY dan Ketua Yayasan Pembina Universitas PGRI Yogyakarta mengingat sesungguhnya potensi yang dimiliki Gunungkidul sangat besar, hanya saja belum tergarap secara optimal, Bapak Bupati memiliki fokus untuk dapat meningkatakan SDM juga sektor pariwisata di Gunungkidul sehingga dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Melalui kegiatan ini Bupati berharap mendapat dukungan dari semua pihak khususnya kalangan perguruan tinggi seperti yang dilakukan UPY.

baca juga: https://www.upy.ac.id/berita/jambore-dan-outing-serangan-umum-1-maret-1949-tahun-2021