Detail Berita Utama

UPY Ikuti RAKORNAS IMAKIPSI KE – X di Universitas Jambi

UPY Ikuti RAKORNAS IMAKIPSI KE – X di Universitas Jambi

Muaro Jambi, 25 – 28 Maret 2021 telah dilaksanakannya kegiatan RAKORNAS X IMAKIPSI yang di adakan di Universitas Jambi. Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta luring dari 24 Universitas se-Indonesia termasuk satu perwakilan dari BEM FKIP Universitas PGRI Yogyakarta dan diikuti 200 peserta daring dari 120 Universitas yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan Se-Indonesia atau (IMAKIPSI)

Sri Hidayati, Staff Departemen Luar Negeri BEM FKIP UPY

Kegiatan RAKORNAS IMAKIPSI Ke-X dibuka langsung oleh Rektor Universitas Jambi, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D dan membuka secara resmi  RAKORNAS IMAKIPSI X tahun 2021 yang diadakan di Universitas Jambi dengan Tema “Transformasi Pendidikan Abad 21 Untuk Meningkatkan Literasi Digital Pemuda Dalam Menghadapi Era New Normal”. Akibat pandemic covid-19 semua merasakan dampaknya terutama di dunia pendidikan salah satunya yaitu kurang efisiennya waktu proses belajar mengajar antara siswa dengan guru sehingga guru tidak bisa membentuk karakter dan moral peserta didik lebih mantap untuk kedepannya, ungkap beliau pada sambutannya.

Prof. Ir. Nizam, M.Sc selaku Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI mengatakan bahwasannya sekarang ini kita telah memasuki abad 21 di mana guru harus mempunyai strategi dalam menghadapi era digital yang berubah dengan cepat seiring dengan perkembangan zaman. Generasi yang akan dihadapi pada masa depan yaitu tidak ada lagi guru yang gaptek dan tidak profesional. Setiap guru harus memiliki sifat profesional untuk membangun jiwa-jiwa anak bangsa menjadi jiwa yang kokoh dalam membangun bangsa menjadi lebih baik. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan Laporan Pertanggungjawaban setengah periode  DPP IMAKIPSI.

Dalam kegiatan RAKORNAS IMAKIPSI ke X juga mengadakan diskusi publik dengan tema “Kupas Tuntas Peta Jalan Pendidikan”. Kegiatan ini bertujuan untuk membahas apa saja isu-isu pendidikan di Indonesia yang perlu diangkat untuk diselesaikan permasalahannya. Peserta kegiatan RAKORNAS IMAKIPSI X juga berkesempatan mengunjungi desa binaan BEM FKIP Universiatas jambi. Pada RAKORNAS IMAKIPSI Ke – X ini sekaligus menentukan tuan rumah KONGRES ke XI IMAKIPSI dan Universitas Negeri Mataran terpilih sebagai tuan rumah pada KONGRES IMAKIPSI  ke XI.

Hari terakhir kegiatan RAKORNAS IMAKIPSI Ke – X, seluruh peserta luring bersama – sama mengeluarkan pernyataan sikap. Refor Diansyah, selaku Ketua Umum IMAKIPSI 2019-2021 juga mengungkapkan, tujuan diadakannya pernyataan sikap ini merupakan sebuah langkah awal dalam mengawal kemajuan pendidikan di Indonesia. Banyak isu-isu pendidikan yang perlu diangkat agar dapat diselesaikan permasalahannya.

“Ada beberapa tujuan dalam pelaksanaan pernyataan sikap ini, yang pertama tentunya ini merupakan sebuah langkah awal kami tergabung bersama di IMAKIPSI. Beberapa isu yang kami angkat yaitu terkait dengan sarana dan prasarana, pemerataan fasilitas dan terkait munculnya draft peta jalan sistem pendidikan nasional yang nantinya akan kita kawal sampai ditetapkannya draft tersebut,” ungkapnya.

baca juga: https://www.upy.ac.id/berita/dukung-seni-dan-budaya-bangsa-melalui-accounting-dance-competition