Detail Berita Utama

Kantor Urusan Kerjasma UPY Menerjunkan Pertukaran Mahasiswa Program Hibah ISS

Kantor Urusan Kerjasma UPY Menerjunkan Pertukaran Mahasiswa Program Hibah ISS

Selasa (13/9) Universitas PGRI Yogyakarta melalui Wakil Rektor lll bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni, Dr. Septian Aji Permana, M.Pd yang didampingi oleh Tim ISS UPY yaitu, Dr. Victor Novianto, M.Hum, Suharman, M.Sc, dan Palupi Sri Wijayanti, M.Pd, menerjunkan pertukaran mahasiswa Program Hibah ISS ke Universitas Duta Bangsa (UDB) Surakarta.

Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) sebagai salah satu penerima hibah Institutional Support System (ISS) tahun 2022 melakukan kegiatan pertukaran mahasiswa (student exchange) ke program studi Farmasi dan Teknik Informatika Universitas Duta Bangsa (UDB) Surakarta. Hal ini juga sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas institusi melalui terobosan dalam pencapaian indikator kinerja utama (IKU) Perguruan Tinggi.

Pencapaian IKU tersebut termasuk dalam kategori mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar kampus. Beberapa kegiatannya meliputi magang, kerja, riset, proyek desa, pertukaran pelajar, berwirausaha, dan juga kegiatan mengajar. Mahasiswa UPY yang termasuk dalam peserta pertukaran pelajar adalah Mirna Septianingrum Solikhah, Wirinda Nur Aziza, dan Dzakwan Adib dari Program Studi Informatika UPY semester lima yang belajar selama kurang lebih satu semester di Program Studi Teknik Informatika UDB. Tiga mahasiswa tersebut dalam bimbingan kaprodi Informatika UPY yaitu Puji Handayani Putri M.Kom.

Selain itu, terdapat empat mahasiswa Program Studi Farmasi UPY yang akan belajar di Program Studi Farmasi UDB selama kurang lebih satu semester. Keempat mahasiswa tersebut adalah Apridianti Sukma Tri Rahayu, Ester Youla Karatem, Intan Efin Malioy, dan Puja Alfin Fadillah yang tercatat sebagai mahasiswa semester 5 dengan dosen pembimbing lapangan yaitu apt. Rahmat A.Hi Wahid, M.Farm.

Sementara Tim ISS serta Mahasiswa UPY yang di terjunkan dalam program tersebut di UDB, di terima secara langsung oleh Kaprodi Farmasi UDB yaitu apt. Tatiana Siska Wardani, S.Farm., M.Farm., Kaprodi Teknik Informatika Joni Maulindar, S.Kom., M.Eng., dan Bagian Kerja sama yaitu Marni, S.Kep., Ns., M.Kes. di kampus UDB yang berada Jl. Bhayangkara.

Dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan kesempatan untuk menggali pengalaman yang banyak untuk belajar di luar kampus sehingga dapat merasakan kegiatan dan suasana pembelajaran yang variatif. Demikian pula bagi UPY yang dapat menambah aktivitas dalam mendukung pencapaian kinerja perguruan tinggi.

“Selain mahasiwa mendapatkan pengalaman belajar dikampus lain, mahasiswa juga mendapatkan sertifikat MBKM yang nantinya akan diunggah ke SKIP sebagai bekal untuk melamar kerja ketika nanti sudah lulus dari UPY.”Jelas Dr. Septian Aji. (peb)

baca juga: https://www.upy.ac.id/berita/lpdp-tim-riset-keilmuan-upy-kembangkan-media-pembelajaran-virtual-tour

baca juga: https://www.upy.ac.id/berita/makarya